Selasa, 21 September 2010

ANGKA PENTING

Kegiatan mengukur tidak selalu mendapatkan hasil tepat pada skala yang tertera dalam alat ukur sehingga hasil yang diperoleh harus diperkirakan. Aturan dalam angka penting adalah angka perkiraan tersebut hanya boleh mempunyai satu angka. Jadi yang dimaksun angka penting dalam fisika adalah angka hasil pengukuran yang terdiri dari angka pasti dan satu angka tafsiran. Angka pasti adalah angka hasil pengukuran yang sesuai dengan skala alat ukur. Sedang angka tafsiran adalah angka yang ditafsirkan oleh pengukur karena hasil pengukuran tidak tepat pada skala alat ukur. Contoh sederhana adalah kalau kita mengukur dengan penggaris ternyata panjang benda tidak tepat pada garis skala milimeter kelebihan pengukuran tersebut harus diperkirakan besarnya. Perkiraan ini hanya boleh 1 angka saja.

A. Aturan yang berlaku dalam angka penting:
1. Semua angka bukan nol adalah angka penting.
Contoh:134569 mempunyai 6 angka penting
2. angka nol diantara angka bukan nol adalah angka penting.
Contoh: 120056 mmempunyai 6 angka penting
3. Angka nol disebelah kanasn angka bukan nol adalah angka penting kecuali ada tanda khusus.
Contoh: 1.0000 bisa mempunyai 1, 2, 3, 4, atau 5 angka penting tergntung penjelasan pengukur. Untuk menghindari kebingungan sebaiknya ditulis dalam bentukbaku.
4. Angka nol disebelah kanankoma adalah angka penting.
Contoh: 1,000 mempunyai 4 angka penting
5. Angka nol disebelah kiri angka bukan nol adalah bukan angka penting
Contoh: 0,000200 mempunyai 3 angka penting

B. Operasi Angka Penting
Operasi angka pentng cara pengerjaannya tidak berbeda dengan operasi matematika hanya peraturan dalam angka penting tetap harus diberlakukan. Secara konseppun harus dipenuhi yaitu angka penting terdiri angka pasti danhanyaboleh mempunyai satu angka tafsiran. Operasi penjumlahan dan pengurangan hasil akhir sampai angka tafsiran terdepan sedang operasi perkalian,pembagian maupun akar hasil akhir sma dengan jumlahangka penting yang palingsedikit.

1 komentar: